KPU Kabupaten Madiun melaksanakan kegiatan pencuplikan sampling untuk verifikasi faktual Senin (18/12/2017) pukul 14.00. Pencuplikan sampling ini dihadiri oleh Komisioner KPU Kabupaten Madiun, Panwaslu Kabupaten Madiun, dan pimpinan Partai Perindo dan Ketua Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Sebelumnya kedua ketua partai baru ini mengambil nomor undian, Komisioner KPU Kabupaten Madiun Divisi Hukum, Anwar Soleh Azarkoni menerangkan tentang tahap dan mekanisme verifikasi faktual. Pertama, KPU akan memverifikasi terlebih dahulu Kantor Partai yang ada di Kabupaten Madiun beserta keabsahan kepengurusan dan keterwakilan perempuan di struktur pengurus tersebut. Baru kemudian, KPU memverifikasi secara faktual keanggotaan partai politik yang bersangkutan.

Metode yang akan digunakan dalam verifikasi faktual keanggotaan adalah sensus dengan sampling acak. Sampel yang akan diverifikasi sebanyak 10% dari jumlah seluruh anggota. Untuk menentukan siapa saja yang akan diverifikasi, perwakilan pengurus partai mengambil nomor undian dulu. Selanjutnya nomor tersebut akan diacak oleh sistem pada Sistem Informasi Partai Politik (Sipol).

Ketua DPD Partai Perindo yang kebetulan datang terlebih dahulu berkesempatan mengambil nomor undian. Partai Perindo mendapatkan nomor 8. Sedangkan sekertaris DPD PSI yang berkesempatan mengabil undian mendapat nomor urut 9. Setelah itu kedua pengurus partai ini mengadakan perjanjian untuk jadwal verifikasi kantor dan kepengurusan dengan KPU dan Panwas. Perindo dijadwalkan diverifikasi kantor dan kepengurusannya pada Selasa siang (19/12/2017) berikutnya verifikasi keanggotaan sehari kemudian. Sedangkan PSI dijadwalkan diverifikasi kantor dan kepengurusan pada Kamis siang (21/12/2017) dan sehari kemudian verifikasi keanggotaan.

Kontak Kami

 

 
Telp : (0351)3630005
 

 

 
Jl. Raya Madiun Ponorogo No. 46
Kecamatan Geger Kabupaten Madiun
Kode Post : 63171
 

 

 
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
 

Statistik Pengunjung