Madiun,kpud-madiunkab.go.id. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Madiun melelang ribuan kotak suara berbahan alumunium. Tidak tanggung-tanggung, berat eks logistik yang telah dimanfaatkan Pemilu 2004 tersebut mencapai 25 ton lebih.

Ribuan kotak suara berbahan alumunium ditumpuk di halaman samping kantor KPU, Jl. Raya Madiun Ponorogo No. 46, Kecamatan, Geger, Ngrobyong, Purworejo, Kec. Geger, Madiun, Jawa Timur 6317. Eks logistik Pemilu pengadaan tahun 2004 tersebut diletakkan dalam kondisi terlipat.

Pemenang dari lelang kotak suara alumunium ini adalah seorang bernama Budi Harsono yang ber alamatkan Kecamatan Rembang, Desa Kabongan Lor. RT. 001 RW 001 Kabupaten Rembang, Jawa Tengah .

Ali selaku Ketua KPU Kabupaten Madiun menambahkan, kotak suara berbahan alumunium yang akan dilelang tersebut merupakan barang milik negara. Karena itu, hasil lelang juga akan masuk ke kas negara. "Lelang dilakukan secara online. Pemenang lelang membayar langsung ke rekening KPKNL Kabupaten Madiun," kata dia.

Sebagaimana diketahui, Pemilu 2019 sudah tidak lagi menggunakan kotak suara berbahan alumunium. KPU bersama DPR telah sepakat bahwa pemilu mendatang menggunakan kotak suara berbahan karton kedap air.

Hal ini telah diatur dalam pasal 340 UU Pemilu Nomor 7 Tahun 2017, yang menyatakan kotak suara merupakan salah satu perlengkapan pemungutan suara. Kemudian, pasal 341 ayat (1) huruf a menegaskan aturan kotak suara harus bersifat transparan dengan isi yang dapat terlihat dari luar. Selain itu, pasal 7 PKPU Nomor 15 Tahun 2018 tentang Norma, Standar, Prosedur, Kebutuhan Pengadaan dan Pendistribusian Perlengkapan Penyelenggaraan Pemilihan Umum juga mengatur penggunaan kotak suara ini transparan ini.

 

Kontak Kami

 

 
Telp : (0351)3630005
 

 

 
Jl. Raya Madiun Ponorogo No. 46
Kecamatan Geger Kabupaten Madiun
Kode Post : 63171
 

 

 
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
 

Statistik Pengunjung